Kuesioner Praskrining untuk Anak 48 bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ? Lihat disini.

  1. Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh sedikitnya 3 meter?
  2. Setelah makan, apakah anak mencuci dan mengeringkan tangannya dengan baik sehingga anda tidak perlu mengulanginya?
  3. Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 2 detik atau lebih?
  4. Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai. Apakah anak dapat melompati panjang kertas ini dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari?
  5. Jangan membantu anak dan jangan menyebut lingkaran. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Dapatkah anak menggambar lingkaran?
  6. Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu di atas yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut?
    Kubus yang digunakan ukuran 2.5 – 5 cm.
  7. Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau permainan lain dimana ia ikut bermain dan mengikuti aturan bermain?
  8. Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper atau ikat pinggang)
  9. Dapatkah anak menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu? Jawab TIDAK jika ia hanya menyebutkan sebagian namanya atau ucapannya sulit dimengerti.

papa80 Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
» Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
» Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
» Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
» Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

8 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk Anak 48 bulan

  1. Usia ank pertama sy 48 bln… & ϑi‎​‎​​​​ sni sy sngat kwalahan.. Krn ϑiå suSah unt ϑi‎​‎​​​​ ajak komunikasi baik”… Slu melawan…jg terkesan membangkang… Sy sering emosi ϑi‎​‎​​​​ buat ήÿª . Terlebih ζ‍‍αgî ϑiå slu melakukan hal” Чǝлб sy larang… Θiå Jΰĝå sprti ήÿª punya imajinasi Чǝлб tinggi… Θiå sering berbicara sndri.. Kadang” sy merasa khawatir.. Takut perkembangan psikis ήÿª terganggu. Tp daya tangkap otak ήÿª Jΰĝå lemah… Mohon bantuan ήÿª . Terimakasih

    1. Untuk yang seperti ini memang enakan dibantu sama Psikolog anak yach .. Dan juga harus melibatkan orangtua untuk membuka diri. Terkadang hal seperti ini bahkan mungkin karena perhatian dalam bentuk tertentu yang diharapkannya dari kita orang tua tidak didapatkan. Saran saya, bila orangtua sudah makin sering emosi, mungkin sudah waktunya mencari pertolongan konsultasi langsung. Demikian. Mohon maaf, demi profesionalisme.

Leave a comment