Kuesioner Praskrining untuk Bayi 6 bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ?
1. Pastikan usia bayi anda tidak kurang dari 3 bulan
2. Isikan alamat email untuk memberikan umpan balik dari kuesioner
3. Perhatikan bila ada 2 atau lebih jawaban tidak, anda bisa memanfaatkan comments  untuk bertanya.

papa Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
» Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
» Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
» Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
» Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

150 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk Bayi 6 bulan

  1. Bayi saya umur 4bln 16hr. Ikut link KPSP usia 3bln, semua jawaban ‘Ya’. Ikut link KPSP 6bln, jawaban ‘Tidak’ no. 4 & 8, no. Lain ‘Ya’.. Trims ˆ⌣ˆ

  2. anak saya 6 bulan 6 hari,jawaban tidak no 4 dan no 6 kadang…jd anak saya jarang tengkurep,dan cenderung belum bisa balik lagi sendiri..anak saya lebih suka duduk dibanding tengkurep….

  3. Bayi saya usia 6 bln,4 hari, semua jawabanya iya,,
    Bayi saya perkembangannya cepat, usia 2,5 sudah tengkurap, 4bln duduk, 5 bln merangkak, dan sekarang 6 bln sudah mau berdiri…
    apak itu termasuk normal atau kecepatan?
    tmakasi atas jawabanya,,

    1. Setiap anak memang tidak sama. Orangtua hanya membatasi stimulasi yang cocok untuk kelompok umur, bahwa anak kemudian bisa macam2 itu anugrah. Tapi jangan dipaksakan.

  4. dok, bayi saya umur 6 bulan, jawaban tidak untuk no 4,6,10, bayi saya belum bisa tengkurap, kl saya tengkurap baru mau tengkurap. apakah bayi saya tumbuh kembangnya normal dok?

  5. Pada no’ 2,3,4,6,9,10 bayi saya cenderung tidak dapat melakukannya, usia bayi saya sekarang 5bln 24 hari, bagaimana dok solusi buat bayi saya yg bb-nya 5kg tingginya 55cm.

  6. jagoanku umur 6bln 19 hari. untuk semua pertanyaan terjawab YA, Kadang klo tengkurap ndk bisa balik sendiri, dia malah nangis minta untuk dibantu balik. apakah itu normal dok? sekarang gigi juga sudah tumbuh 🙂 . kadang sering geregetan apakah itu normal?? thxq dok

    1. Normal sekali. Untuk duduk, tengkurap, berdiri kadang-kadang tidak linear harus bisa ini setelah itu. Jadi bersabarlah. Lakukan stimulasi sambil bermain dan bersenang2 dengan anak sesuai dengan tahapan umurnya. Selamat yaa

  7. Anaku usia 4 bulan 7 hari ikut kpsp usia 3 bulan jawabannya ya semua, tp ikut kpsp 6 bulan tidak untuk no 2,4,6,10
    Apa bayi saya msh normal tumbuh kembanganya

  8. Anak ku usia 6bln 12hari.untuk smua pertanyaan jawaban Ya.. hanya no 7 saya ragu..sekarang anak saya sdh bs gong ong gong dan mendorong badan nya ke dpn n ke blkg dlm keadaan tengkurep..berat badan 64kg tinggi 64cm..bagaimana penilaiannya dok? Terima kasih sebelumnya.

    1. Perkembangan sesuai. Pertumbuhannya (yg berkaitan dengan bb/tb) tampaknya ada gangguan ya meski belum serius. Coba dipantau lagi di Posyandu, bila KMS makin mengarah pada garis merah, dikonsultasikan ke Puskesmas.

      1. Dok,anak saya belum bisa mengangkat kepalanya mengikuti gerakan kalau dibangunkan dari tidur untuk didudukan dok,tapi dia udah bisa duduk sendiri dengan disangga tangannya.bagaimana menstimulasi supaya otot lehernya kuat dok?

        • Letakkan bayi pada posisi telungkup. Gerakkan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga ia akan belajar mengangkat kepalanya. Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.
        • Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkan paha bayi agar badannya ikut miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainnya.
        • Gendong bayi dalam posisi tegak agar ia dapat belajar menahan kepalanya tetap tegak.
      2. Dok,sudah 2 minggu sy stimulus tp tetap no 4,6,10 blm bisa.sebenarnya sy ragu utk no 10 dok.anak sy memang kepalanya tidak lutus mengikuti badannya.tapi kepalanya tidak jatuh dok.dan kalau duduk dia bisa menengadah.apa iya lehernya belum kuat dok,kok kalau ditarik tangannya untuk bangun kepalanya belum bisa mengikuti badannya?untuk no 4 dan 6 anak sy susah kalau suruh tengkurap dok.gak pernah tengkurap dan kalau ditengkurapin langsung balikin badannya lagi.kalau diberditikan kalinya ditekuk dok.seperti gak mau napak.pokoknya dia cuma mau tiduran sama duduk dok.sebaiknya apa yg sy lakukan dok?

  9. Dok anak sy 8 bln 17 hr..semua jawabannya Ya kecuali pertanyaa nmr 10..anak sy blm bisa duduk tegak jd ketika di dudukan harus tetap dipegangi jika dilepas maka akan jatuh ke belakang,tp si anak sudah bisa menyeret badannya untuk maju ke depan dan belakang

    1. Secara hitungan sudah dihitung perkembangan sesuai (S). Jadi sudah baik, kalau memang ingin dilatih, memang yang berkaitan dengan gerak kasar. Silakan dilihat Stimulasi 3-6 bulan di box hijau diatas. Meskipun tidak langsung berhubungan. Bila kekuatan otot besar yang dilatih nanti akan secara tidak langsung semua otot besarnya akan ikut menyesuaikan. Dan otomatis akan bisa dengan sendirinya. Lakukan ini dalam 2 minggu ini kemudian diukur lagi.
      Karena sudah mencapai 9 bulan, laksanakan sekalian KPSP 9 bulannya. Lihat apa yang masih belum .. banyak KPSP 6 bulan juga terulang disini, jadi ibu bisa berkonsentrasi pada KPSP yg baru untuk usia 9 bulan.
      selamat ya …

  10. Dokter, bayi saya usia 8 bln 14 hari, semua jawaban Ya, tapi untuk no.4 jarang dilakukan. sudah bisa merayap, untuk merangkak belum. masih normal ya dokter? sebab ada yang menganggap bayi saya mengalami keterlambatan perkembangan…#sedih

  11. Anak saya usianya 5m17d bb nya 7kg saya ikut kpsp 6 bulan.. Tidak bisa nomor 4 dan 5 mohon sarannya. Terimakasih

  12. Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepala sepenuhnya dari satu sisi ke sisi yang lain? Iya dapat mengikuti gerakan

    Dapatkah bayi mempertahankan posisi kepala dalam keadaan tegak dan stabil? Jawab TIDAK bila kepala bayi cenderung jatuh ke kanan/kiri atau ke dadanya. Iya dpt tegak

    Sentuhkan pensil di punggung tangan atau ujung jari bayi. (jangan meletakkan di atas telapak tangan bayi). Apakah bayi dapat menggenggam pensil itu selama beberapa detik?iya dpt memegang

    Ketika bayi telungkup di alas datar, apakah ia dapat mengangkat dada dengan kedua lengannya sebagai penyangga seperti pada gambar ? Iya dpt

    Pernahkah bayi mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik tetapi bukan menangis? Iya pernah

    Pernahkah bayi berbalik paling sedikit dua kali, dari telentang ke telungkup atau sebaliknya? Iya

    Pernahkah anda melihat bayi tersenyurn ketika melihat mainan yang lucu, gambar atau binatang peliharaan pada saat ia bermain sendiri? Iya pernah

    Dapatkah bayi mengarahkan matanya pada benda kecil sebesar kacang, kismis atau uang logam? Jawab TIDAK jika ia tidak dapat mengarahkan matanya. Dapat

    Dapatkah bayi meraih mainan yang diletakkan agak jauh namun masih berada dalam jangkauan tangannya? Dpt

    Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi duduk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan.ya dpt

  13. Dok sy mau tanya, bayi saya umur 6 bln 4 hari , dari skrining by 6 bln bayi sy jawaban tdk no 2, 4 dan 10….bgm tumbuh kembang anak sy dok?

  14. Dok, anak saya usia 6bulan 20hr, pada poin no. 2 kadang saat duduk posisi kepalany bisa miring kanan/kiri/tapi terkadang tegak juga dok, dan poin 6 kadang bisa dilakukan kadang tidak, bagaimana dgn perkembangan anak saya? Masih normal kah??

  15. Smua pertyaan itu jwbannya yes Yg tidak hanya no 4 Dan 10…usia baby saya 6bln 22hri,,, apkah Masih normal.. Mohon masukannya… Trims

  16. Anak saya umur 7bulan hr
    Saya mengikuti kpsp 6
    Jawaban tidak no. 10
    Itu gmna ya dok? Terimakasih

  17. Anak saya 7 bulan. Yg nmr 7 itu maksudnya gmn ya dok? Sya blom pernah liat anak saya tersenyum2 ktika main sendiri. Tapi ketika diajak bercanda (bermain bersama org lain) dia bisa sampai tertawa2.

  18. anak saya 8 bulan kurang 3hari belum bisa 2,6,10.. bagaimana dok baiknya.. dia gemuk sekali lebih suka tidur kalau bercanda hanya bentar.
    kakaknya dulu tdk merangkak dan jalan pada usia 18 bulan.
    mohonbalasannya dok

  19. Twins saya lahir 32w, sekarang usia kronologis nya tgl 19 desember 7 bulan, berarti koreksinya 5bulan, ikut kpsp 3 semuanya IYA, tapi ikut kpsp 6 yg TIDAK no 10. Itu gimana ya dok?

  20. Selamat pagi dok. Anak saya 7bulan 20 hari, ikut kpsp 6 bulan ya? Tapi poin 10 jawabannya tidak. Lantas bagaimana cara menstimulasinya??
    Terimakasih.

  21. Halo dok, bayi ku umur 6 bulan 3 minggu, untuk jawaban tidak ada 2 yaitu nomer 4 dan 8.. untuk nomer 4 anakku blm bisa angkat dada tinggi dengan tumpuan tangannya, paling hanya bisa sesekali aja kemudian jatohin kepala. dan untuk nomer 8 (melihat benda kecil seperti kacang) itu melihat nya tidak fokus, lihat dikit namun langsung melihat ke lain arah jadi saya blm bisa pastikan kalau anaknya bisa fokus melihat benda kecil.

    dan untuk nomer 10 itu (Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi duduk) kadang dalam posisi ini anakku malah pengen berdiri bukan duduk, kaki nya di lurus kan dia pengen berdiri dan loncat2.. kadang juga leher nya di lemesin sama dia, badannya mau bangun tapi leher/kepalanya di lemesin..

    bagaimana menurut dokter?

    1. Halo dok, ternyata yang jawabannya tidak hanya nomer 4 aja. Untuk melihat beda kecil seperti logam sudah bisa dan ingin mengambil benda tsb..

  22. Dok, tiga hari lagi anak saya usianya genap 8 bulan. Saya ukur pakai kpsp 6 bulan, dia belum bisa no.10. Stimulasi yg dibutuhkan bagaimana ya dok agar nomor 10 jadi bisa?

Leave a comment